Tips Mengatasi Rasa Minder Saat Berbicara di depan Umun



Apakah anda merasa minder / kurang percaya diri saat berbicara di depan umum ? Yup itu seperti diri saya yang dulu. Berbicara didepan umum memang menegangkan, karena ada banyak mata dan telinga yang melihat dan mendengarkan kita, dan itu membuat kita gugup serta kehilangan kepercayaan diri. Yang penting kita harus percaya diri untuk berbicara di depan Umum.

Dibawah ini ada kurang lebih 8 Tips agar kita bisa Percaya Diri berbicara di depan Umum:


  1. Mulailah dengan Berdoa. Jika Anda memulai berbicara dengan Doa, niscaya anda akan melakukan itu dengan mulus tanpa gangguan
  2. Siapkan Bahan. Sebelum anda berbicara, anda harus siapkan dulu bahan yang akan dibicarakan. Anda bisa buat konsep-konsep yang jadi pokok bahasan anda. Dengan begitu anda tidak bingung lagi, mau bicara apa?
  3. Perbanyak Latihan. Ini rahasia saya. Biasanya ketika saya akan Pidato atau yang lainya, saya selalu melakukan latihan dengan cara: membaca Bahan lalu menghafalkannya, dan mengucapkannya didepan cermin.
  4. Tenang dan Tarik Nafas.  sebelum anda naik panggung. Sebaiknya anda tenangkan diri terlebih dahulu, silahkan anda tarik napas yang dalam beberapa kali.
  5. Positive Thinking. yang membuat anda tidak pede pada dasarnya karena anda memikirkan hal negatif seperti; penonton akan menertawakan anda, penonton tidak akan tertarik dengan yang anda bicarakan. Sebaiknya anda berpikir positif dan fokus aja sama yang akan nada bicarakan.
  6. Berdiri Tegak. fakta nya dengan lebih tegak berdiri. anda akan lebih pede. Coba anda rasakan sendiri.
  7. Pastikan Penampilan anda Rapi.  Agar nanti anda tenang, tidak memikirkan apa yang anda pakai.
  8. Sering-sering lah berbicara di depan Umum. Jika anda sering berbicara di depan umum, lama-kelamaan anda akan Percaya Diri juga. Karena pengalaman adalah guru yang paling baik, jadi cobalah beranikan diri anda untuk mau belajar bicara.
Comments
0 Comments

0 komentar:

Posting Komentar